Minggu, 10 Agustus 2014

Sekilas Tentang Yalimo

Yalimo merupakan salah satu kabupaten yang berada di kawasan pegunungan Tengah Provinsi Papua. Kabupaten ini dimekarkan pada tahun 2008 melalui Undang-Undang No.4 Tahun 2014. Sebelumnya wilayah ini berada di bawah pemerintah Kabupaten Yalimo.
Kabupaten ini terdiri dari lima distrik, masing-masing Distrik Abenaho, Elelim, Apalapsili,  Welarek dan Benawa. Penduduk asli yang mendiami wilayah ini adalah Suku Yali, Suku Mek dan Suku Kapauri. 

Kabupaten Yalimo dapat dilalui melalui jalan darat menggunakan mobil. Perjalanan dibutuhkan waktu 5 jam. selain itu dapat meggunakan pesawat berbadan kecil seperti Susi air, Tariku, Yayasi dan AMA. Jika menggunakan pesawat bisa terbang dari sentani maupun Wamena. Sebagaian besar pesawat melayani by Carter. 
Warga penduduk asli sebagian besar bermukim d lereng gunung dan di daratan tinggi yaitu orang dari suku Yali dan Mek. Penduduk suku Kapauri berada di daratan rendah yaitu d lembah aliran sungai Mamberamo. Mata pencaharian orang asli Yalimo adalah petani, berburu dan meramu. Makanan pokoknya adalah ubi. Warga Kapauri makanan pokoknya adalah papeda.
Wilayah ini pertama kali kontak budaya dengan dunia luar sejak misionaris bawa injil ke Yali. sebelumnya orang Yali mempunyai tradisi perang suku. Merea di saat itu hanya mengenal suku Hubla yang ada di bagian barat. Orang Yali beranggapan bahwa tidak ada manusia lain selain orang Yali, Hubla dan Balingga (sebutan orang Lani).






Tidak ada komentar:

Posting Komentar